08 October, 2012

Perkembangan Jaringan Internet

Pada saat ini teknologi terus berkembang. Apalagi internet makin hari juga memiliki nama yang berbeda juga tingkat kecepatannya ikut berbeda pula.

Dalam perangkat Mobile seperti Handphone (HP) memiliki banyak sekali koneksi jaringan internet seperti yang tercantum diatas. Saya akan menjelaskan pengertian, kecepatannya.

»» 1G#ini merupakan generasi pertama untuk HP. Hanya dapat digunakan sebagai Telpon, Sms. Pokoknya yang berbentuk teks dan suara saja. Fitur ini kebanyakan dibenamkan pada HP hitam putih.

»» 2G #
Memiliki kecepatan kalau gak salah maksimal 14,4 Kbps . ini merupakan generasi kedua dari jaringan mobile.


»» 2,5G #atau lebih dikenal sebagai GPRS (General Packet Radio Service) kalau ini jelas sudah bisa buat mengirimkan gambar belum ke video streaming.Secara teori kecepatan GPRS mampu mencapai 115 kbps. Jika dibagi 8 rata-rata kecepatan Download maksimalnya sekitar 14,3 KBps (14,3 KB per detik) lemot banget. Tetapi punyaku max 20 KBps.

»» 2,75G #dikenal sebagai EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) hampir sama seperti GPRS cuma beda kecepatan maksimal. secara teori sekitar 384kbps atau rata-rata buat download 48KBps ( 48 KB per detik)

»» 3G #atau UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) ini sudah memasuki Generasi ketiga. Dan sudah bisa buat Video Call (video streaming). Secara teori kecepatan akses 3G (UMTS) sekitar 480kbps -700kbps. Buat download sekitar 60 KBps ( 60 KB per detik ) max 87,5 KB per detik yah lumayan cepet .

»» 3.5G, 3G+ atau HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) # merupakan perkembangan akses data selanjutnya dari 3G. Penggunaan HSDPA saat ini mendukung kecepatan penelusuran dari 1.8, 3.6, 7.2 hingga 14 Mpbs. Kecepatan download sekitar 1,7 MB per detik. Hampir sama kalau kita memindahkan file dari komputer ke flashdisk. Oleh karena itulah jaringan HSDPA ini sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai modem internet pada computer ataupun notebook.

»» HSPA #(High-Speed Packet Access) adalah koleksi protokol telepon genggam dalam ranah 3,5G yang memperluas dan memperbaiki kinerja protokol Universal Mobile Telecommunications System (UMTS). pada tahun 2008 sekitar 80 negara telah memiliki layanan HSPA dengan lebih dari 467.000 jenis perangkat HSPA yang tersedia di seluruh dunia, seperti perangkat bergerak, notebook, data card, wireless router, USB Modem.

»» High Speed Packet Access+ (HSPA+) HSPA+ atau disebut juga Evolusi HSPA # adalah teknologi standar pita lebar nirkabel yang akan hadir dengan kemampuan pengiriman data mencapai 42 Mbit/s untuk downlink dengan menggunakan modulasi 64QAM dan 11 Mbit/s untuk uplink dengan modulasi 16QAM. Pengembangan lainnya pada HSPA+ adalah tambahan penggunaan antena Multiple Input Multiple Output (MIMO) untuk membantu peningkatan kecepatan data. HSPA+ memberikan pilihan berupa arsitektur all-IP (Internet Protocol) yang dapat mempercepat jaringan serta lebih murah dalam penyebaran dan pengendaliannya. Sampai Agustus 2009, terdapat 12 jaringan HSPA+ di dunia dengan kecepatan downlink mencapai 21 Mbit/s. Pelopornya adalah Telstra di Australia pada akhir 2008. Sedangkan jaringan untuk kecepatan 28Mbit/s telah hadir untuk pertama kalinya di dunia dengan Italia sebagai negara perintisnya. Kecepatan download sekitar 3,5 MB per detik.

»» Evolution Data Optimized (EV- DO) EVDO, juga dikenal dengan EV-DO, 1xEvDO dan 1xEV-DO # merupakan sebuah standart pada wireless broadband berkecepatan tinggi. EVDO adalah singkatan dari “Evolution, Data Only” atau “Evolution, Data optimized”. Istilah resminya dikeluarkan oleh Assosiasi Industri Telekomunikasi yaitu CDMA2000, merupakan interface data berkecepatan tinggi pada media udara. EVDO satu dari dua macam standar utama wireless Generasi ke-3 atau 3G. adapun standart yang lainnya adalah W- CDMA. Kelebihan EVDO dibandingkan CDMA biasa, tentu lebih mengirit spektrum frekuensi dari regulator dan amat mahal pastinya, menurunkan biaya pengembangan dan memanfaatkan jaringan baru. di amerika EVDO dipakai oleh Verizon dan Sprint,di Korea Juga digunakan. Saat artikel ini dibuat EVDO tidak terlalu berpengaruh di pasar Eropa dan Sebagian besar Asia karena di Wilayah tersebut telah memilih 3G sebagai pilihan mereka. Namun Demikian di Indonesia telah ada beberapa operator yang memakai teknologi EVDO.

»» 4G

termasuk (Wi-Fi, WIMAX, LTE) yang digadang gadang 500 kali lebih cepat daripada CDMA2000 dapat memberikan kecepatan hingga 1Gbps jika anda di rumah atau 100Mbps ketika bepergian. Kecepatan download sekitar 12,5 MB per detik. begitulah perkembangan jaringan mobile yang ada didunia. Di indonesia harga langganan internet masih mahal apalagi kecepatannya juga lemot dan setelah kuotanya habis pasti bandwith ( kecepatan maksimal) diturunkan. Tidak seperti negara lain kecepatan internetnya tidak dibatasi dan harganya juga murah. Seperti negara jepang (kalau gak salah) 1 bulan harganya Rp. 100.000 sudah menikmati yang 3G atau 4G jika kuota habis kecepatan masih sama.

Begitulah perjalanan perkembangan internet mobile semoga bermanfaat sekian.

sumber: ferdyholic.heck.in

JASA DOWNLOAD MURAH

No comments:

Post a Comment

Comment yang gak jelas atau tidak berhubungan dengan topik akan di Hapus

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...