24 January, 2012

Menjelang Hasil Voting SOPA dan PIPA

Berita ini populer, untuk itu baca dan pahami jika Anda pengguna setia internet. Saya menemukan berita ini dari hoaaam.blogspot.com membahas tentang SOPA dan PIPA. ini data copasannya...

hmmm tanpa basa basi lagi awal nya saya kira kabar tentang SOPA dan PIPA hanyalah sebuah gertakan yang di buat oleh RUU di amrik .

Tetapi sepertinya mereka memang benar benar ingin membuat kita kembali di jaman dahulu di mana akses internet tidak bisa di akses secara penuh dan bebas !!


APA ITU SOPA dan PIPA ? 
SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protec IP Act) adalah undang-undang yang diajukan tahun lalu oleh senator dan pejabat tinggi AS dengan tujuan untuk melindungi hak cipta materi internet seperti video, musik, software dan semua barang digital dari pembajakan. SOPA dan PIPA mengatur bagaimana dunia maya seharusnya menurut mereka, dan tentunya penggunanya. Namun, undang-undang ini tidak sesederhana itu, banyak hal dari undang-undang ini akan mengubah cara kerja internet saat ini.

Contoh sederhana dari kebijakan SOPA & PIPA 
Saat seorang penonton konser merekam penampilan idolanya lewat ponsel lalu mengunggah ke situs YouTube tanpa izin distributor atau pemegang hak cipta, menurut RUU tersebut YouTube dianggap memfasilitasi pelanggaran hak cipta. Konsekuensinya YouTube harus di-block dan ditutup, dan pengunggah dipidanakan. Alhasil tak mustahil satu situs yang berisi puluhan ribu halaman bisa dimatikan hanya gara-gara satu halaman mengandung unsur pelanggaran hak cipta.

hmm mungkin undang undang ini memang bukan di buat di indonesia , tetapi apa kalian sadar bahwa 75 % situs situs besar adalah situs international dan itu arti nya akan berdampak besar juga bagi indonesia karena Indonesia adalah negara ke 4 yang sering mengakses dunia maya di ASIA .

Contoh dampak di mata global dan negara kita
Dengan disahkannya SOPA dan PIPA, tentu saja akan membuat para raksasa sekelas Google, Yahoo, Facebook dan Mozilla berteriak. Sedangkan dampaknya secara global adalah pengunjung dunia maya tidak akan lagi bisa melakukan kegiatan mengunduh dan semacamnya karena undang-undang tersebut menganggap ilegal.

Tentunya, banyak aspek dari Internet yang akan berubah, salah satu implementasi yang akan dilakukan oleh SOPA dan PIPA terhadap Internet adalah DNS Filtering dan DNSSEC yang diyakini oleh para ahli internet dan salah satunya, Mozilla, bahwa hal tersebut akan mengakibatkan masalah keamanan pada Internet dan juga melambatkan kinerja internet saat ini. Ada juga dampak-dampak lain yang akan terjadi pada internet, antara lain:
Banyak blog atau situs yang akan ditutup dikarenakan penggunaan misalnya logo, foto ataupun media lain yang diklaim oleh sang pemilik.

Situs-situs web service dan sosial media seperti Multiply, Facebook, YouTube, rapid*share, Twitter, Flickr, bahkan blog kecil seperti sayapun akan mengalami banyak masalah dan dituntut karena konten-konten yang dikontribusi oleh publik akan disaring dan disensor secara ketat.

Coba bayangkan saja , sekarang situs penympanan dan berbagi files seperti megaupload dan filesonic pun sudah di blokir oleh ASPA dan PIPA karena di tuduh membagikan file secara ilegal . apakah kita akan diam begitu saja sampai UU ini benar benar di sahkan dan kita akan terkurung oleh UU yang di buat PIPA & ASPA ?


Tau kah anda ? akibat masalah ini , akhirnya para hacker dari Indonesia & dunia berbondong bondong mengecam UU ini agar tdak jadi di sahkan .

Semua bergabung di satu komunitas yang di namakan dengan " ANONYMOUS "

Mungkin bagi anda yang sudah sering bersurfing di internet , nama dari ANONYMOUS tidak asing lagi bagi anda karena Anonymous selama ini dikenal sebagai kelompok hacker yang pro terhadap kemanusiaan, anti terhadap kapitalisme dan pelanggaran hak asasi manusia yang terbentuk dari kesatuan para hacker di seluruh dunia .




Anonymous sangat terkenal di kalangan dunia maya karena sudah beberapa kali mengeluarkan ancaman yang pada akhir nya benar-benar mereka lakukan. seperti memblock situs besar sony dll .

Apa yang dilakukan oleh anonymous ? 
Pada tanggal 22 jan 2012 , anonymous kembali menghebohkan youtube dengan video ancaman yang di tujukan untuk pemerintah AS untuk membatalkan peresmian SOPA & PIPA dengan mengancam akan melakukan blackout paksa terhadap situs situs AS yang membantu pemasukan negara seperti fb , twitter , dan youtube .

Jika hal itu benar benar ingin di lakukan , maka bisa dipastikan bahwa saat ini, Anonymousyang beranggotakan kurang lebih 5000 hacker, telah menguasai kendali atas server-server yang di incar . Untuk mengeksekusi anacamannya, Anonymous hanya memberi waktu kepada pemerintah AS hingga kurang lebih 3 hari saja . sejak ancamannya dirilis. Jika pihak pemerintah Federal AS tidak bersedia memenuhi, mereka akan segera merelalisasikan ancaman tersebut.

Dalam video ancamannyapun Anonymous mengatakan bahwa mereka tidak akan mengganggu rekening orang-orang sipil yang berada di bank yang telah dijadikan target. Mereka hanya akan merusak rekening-rekening yang menurut mereka adalah milik anggota kongres yang mendukung rencana pengesahan SOPA dan pihak-pihak yang dianggap bertanggungjawab terhadap penutupan MegaUpload.

MegaUpload adalah jasa layanan penyimpan file online yang cukup besar, namun dianggap banyak melakukan pelanggaran copyright oleh pemerintah federal AS. Anonymous tahu dan menyadari bahwa MegaUpload memang menjadi sarangnya file-file digital hasil bajakan. Akan tetapi, menurut Anonymous, tindakan penutupan MegaUpload bukan untuk alasan tersebut, melainkan alasan lain yang dianggap mengada-ada dan sewenang-wenang.

Berbagai reaksi, pro-dan-kontra, muncul atas ancaman baru hacker Anonymous ini. Mereka yang tadinya mendukung dalam menolak SOPA dan PIPA, kini banyak yang berbalik arah. Bagi mereka yang kontra, tindakan Anonymous kali ini dianggap sudah di luar batas—sudah tidak pro-masyarakat sipil lagi. Bagaimanapun juga, menurut mereka yang kontra, jika Anonymous benar-benar melakukan ancamannya, akan ada banyak orang tak bersalah yang menjadi korban—terutama para pemilik rekening bank yang rencananya akan dibobol, meskipun anonymous berjanji tidak akan mengganggu pemilik rekening yang tak bersalah.

Banyak yang memprediksi bahwa pihak pemerintah AS tidak akan meluluskan tuntutan Anonymous kali ini, karena ancaman yang dikeluarkan sudah dianggap setara dengan ancaman terrorist—hanya saja dilakukan via internet. Dengan perhitungan ini, diperkirakan pemerintah AS akan bertahan dan melakukan serangan balasan dengan kekuatan penuh. Dan mengingat reputasi Anonymous selama ini—yang belum pernah batal melakukan niatnya, besar kemungkinanya mereka akan sungguh-sungguh melakukan ancaman tersebut.

Video ancaman anonymous


Dan ini update nya :


Apa yang bisa kita lakukan ?
Mungkin bagi para hacker cara yang bisa ia lakukan adalah dengan cara membantu serangan ke server pemerintah , tapi bagaimana dengan kita yang masih ingin mendapatkan kebebasan ?

Bila Anda masih menginginkan kebebasan , Anda PATUT mendukung sebuah PETISI yang telah dibuat.

Silakan SAAT INI juga menyumbangkan suaranya melalui link-link berikut:

http://americancensorship.org


http://www.avaaz.org/en/save_the_internet/

dan http://sopacountdown.com/

Tanggal 24 jan 2012 adalah hari akhir untuk menentukan apakah UU PIPA & SOPA jadi di sahkan / tidak . Jadi bagi anda yang masih ingin mendapatkan kebebasan untuk berinternet segeralah ikut memosting :)



JASA DOWNLOAD MURAH

No comments:

Post a Comment

Comment yang gak jelas atau tidak berhubungan dengan topik akan di Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...